Cara Memilih Helm Safety Terbaik Untuk Keamanan Tingkat Tinggi

Helm safety merupakan salah satu alat pelindung diri kesehatan dan keselamatan kerja atau alat K3 yang sangat penting digunakan saat bekerja. 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara pemilihan helm safety terbaik sehingga sangat aman digunakan. Setiap alat pelindung diri memiliki standarisasi yang harus dipenuhi. Lalu seperti apa sih pertimbangan dalam pemilihan helm safety? Langsung saja kita bahas di bawah ini. 

Helm pelindung diri ini dibuat untuk melindungi bagian kepala dari berbagai objek yang berbahaya saat bekerja. Biasanya pekerja yang memiliki lingkungan ekstrem akan mewajibkan penggunaan helm saat bekerja. Ada banyak material yang digunakan dalam pembuatan helm seperti misalnya plastik dan juga metal ringan seperti alumunium. 

Bagaimana Cara Memilih Safety Helmet?

Sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal saat memilih safety helmet. Alat pelindung diri satu ini sangatlah penting sehingga benar – benar harus memperhatikan beberapa faktor keselamatan. 

Pertama, kita harus memperhatikan penggunaan helm yang digunakan oleh pekerja apakah digunakan di lingkungan yang sangat ekstrem. Setiap lingkungan kerja terdapat beberapa level tingkat resiko sehingga pertama kali yang harus diperhatikan adalah lingkungan kerja yang ada. 

Kita perlu mengetahui level resiko di lingkungan kerja karena safety helmet juga dibuat dengan beberapa pertimbangan resiko ini. Sebagai contoh helm yang biasa digunakan untuk proyek konstruksi tidak bisa digunakan untuk pekerja kebun dan perhutanan, karena memberikan sistem perlindungan yang berbeda. 

Selain itu perhatikan juga data kecelakaan kerja yang terjadi di lingkungan kerja Anda. Dengan memperhatikan data ini anda bisa menentukan lebih baik helm mana yang cocok untuk digunakan oleh perusahaan Anda. 

Kemudian ada pertimbangan mengenai berapa lama kita harus menggunakan helm safety sehari – hari. Untuk penggunaan waktu yang singkat, helm yang keras dan kaku merupakan pilihan yang tepat, tidak perlu memperhatikan kenyamanan pengguna. Sedangkan untuk penggunaan waktu lama, kenyamanan juga harus diperhatikan walaupun tetap tidak bisa melepaskan faktor keamanan. Biasanya bahan yang lebih fleksibel sangat cocok untuk penggunaan helm dalam waktu lama, dan tentu harganya akan lebih mahal. 

Terakhir adalah standar keamanan yang berlaku. Setiap negara memiliki standar keamanan dan keselamatan untuk produk alat pelindung diri. Misalnya di Indonesia ada SNI, dan juga undang – undang seputar keselamatan kerja dan pelindungan diri. Jadi pastikan menentukan helm safety berdasarkan standar tersebut. 

Beberapa Perbedaan dan Jenis Safety Helmet

Sebenarnya ada berapa jenis helmet safety sih? Dan penggunaannya seperti apa? Mari kita coba bahas secara lengkap di bawah ini. 

Secara umum ada beberapa jenis helm yang dibuat berdasarkan tujuan tertentu. Perlu juga dicatat bahwa setiap helm memiliki level perlindungan tertentu, jadi pastikan ketahui jenis dan fungsinya lebih lanjut. 

Safety Helmet Untuk Tujuan Umum 

Helm yang banyak kita temui di pasaran adalah jenis umum satu ini. Dibuat untuk tujuan perlindungan kepala dari benda jatuh dan menghindari benda tajam, biasanya helm jenis ini digunakan di tempat konstruksi bangunan. Helm jenis ini juga dibuat dengan warna yang sangat cerah misalnya kuning, biru, atau merah. 

Bump Camp

Bump Camp adalah jenis helm pelindung diri yang melindungi dari benturan ringan yang bisa menyebabkan cedera kepala ringan. Helm ini lebih cocok untuk benturan tidak cocok untuk melindungi dari benda jatuh, ataupun pantulan. 

High-performance Safety Helmet

Sebuah helm umum yang memiliki tingkat pelindung lebih tinggi yang cocok untuk pelindung dari benda jatuh terutama benda yang memiliki ketajaman. 

Electrician helmet

Pelindung terhadap arus listrik, dimana beberapa helm memiliki resistensi hingga 440 volt terhadap arus listrik secara singkat. 

Helm Untuk Kehutanan dan Perkebunan

Helm yang dibuat untuk pekerjaan yang dilakukan di perkebunan dan hutan. Tujuan utama dari helm ini adalah perlindungan dari kayu yang jatuh dan juga pentalan kayu dari atas. 

Kesimpulan

Demikian pembahasan seputar helm safety yang perlu diperhatikan. Anda bisa membeli berbagai alat pelindung diri ini dengan mudah kok. Terdapat banyak sekali harga helm safety terjangkau dengan kualitas terbaik. Jangan lupa untuk perhatikan beberapa hal yang ada di atas sebelum melakukan pembelian. Semoga informasi ini bermanfaat ya? Terima kasih. 

Opmerkings

Gewilde plasings van hierdie blog

Mau Beli Besi Hollow, Perhtikan Hal Berikut Ini

Inilah Keuntungan Bertani Secara Hidroponik

Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Jantung