Penyebab Kulit Gatal Yang Tidak Sembuh

 

Selain respons tubuh terhadap rangsangan eksternal, kulit gatal juga bisa menandakan sejumlah masalah kesehatan. Berikut ini merupakan penyebab gatal yang tak kunjung sembuh. 

  1. Kulit sangat kering

Kulit kering tidak memiliki lapisan pelindung yang kuat sehingga rentan terhadap infeksi, iritasi, dan kerusakan.

Kelainan yang berbeda ini dapat membuat kulit gatal, kasar, dan bahkan bersisik. Inilah sebabnya mengapa orang dengan kulit kering rentan terhadap gatal kronis.

Rasa gatalnya bahkan bisa sangat hebat sehingga Anda sering menggaruknya, sementara menggaruk dapat memperparah rasa gatal dan menyebabkan bisul.

  1. Penyakit kronis

Rasa gatal yang tidak kunjung hilang bisa jadi merupakan gejala dari kondisi kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit ginjal, penyakit hati, dan kelainan darah.

Ini juga terkadang merupakan tanda infeksi HIV atau tiroid yang terlalu aktif.
Setiap penyakit menyebabkan gatal dengan cara yang berbeda. Misalnya, penyakit hati, konsentrasi garam empedu dalam tubuh sangat tinggi sehingga menumpuk di kulit.

Akumulasi garam empedu inilah yang menyebabkan kulit terasa gatal. Pada penderita diabetes, gula darah tinggi dapat menyebabkan kulit kering.

Sirkulasi darah yang buruk dan infeksi kulit dapat menyebabkan kulit kering dan gatal pada penderita diabetes.

  1. Reaksi alergi

Ada banyak alergen (alergen) dalam kehidupan sehari-hari, misalnya logam, makanan, udara dingin dan debu.

Tanpa disadari, Anda mungkin terus-menerus terpapar alergen yang berbeda, sehingga Anda mengalami gatal yang tidak kunjung hilang.

Reaksi alergi kulit terkadang juga ditandai dengan ruam, pilek, dan benjolan.

Beberapa orang bahkan dapat mengalami anafilaksis, suatu reaksi alergi yang sangat parah sehingga dapat mengancam jiwa.

  1. Gangguan saraf

Rasa gatal yang tidak kunjung hilang dapat mengindikasikan masalah saraf atau kerusakan saraf akibat penyakit atau cedera.

Gatal cenderung terjadi di satu area tubuh dan tidak menimbulkan ruam. Beberapa penyakit dapat menyebabkan gatal-gatal seperti multiple sclerosis, stroke, dan herpes zoster.

Dalam kasus herpes zoster, Anda mungkin juga mengalami rasa sakit, mati rasa, dan sensasi kesemutan yang berlangsung selama berbulan-bulan.

  1. Efek Samping Obat

Banyak obat yang dapat menimbulkan efek samping berupa gatal-gatal, seperti aspirin, pereda nyeri opioid, dan obat tekanan darah.

Juga, pengobatan kanker dapat menyebabkan masalah kulit ini. Gatal biasanya tidak hilang jika Anda minum obat ini secara teratur.

Karena Anda tidak dapat berhenti minum obat, dokter Anda dapat menyarankan cara untuk merawat kulit Anda saat Anda meminumnya.

Bagi Anda yang mengalami masalah kulit anda dapat melakukan perawatan kecantikan di salah satu klinik kecantikan bogor yang menyediakan berbagai layanan yang mungkin dapat bermanfaat untuk meningkatkan kecantikan anda. 

Klinik Kecantikan Bogor tersebut yaitu D’She D’Beauty Aesthetic. Sebagai klinik kecantikan yang profesional, D’She menyediakan berbagai layanan berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. 

Opmerkings

Gewilde plasings van hierdie blog

Inilah Keuntungan Bertani Secara Hidroponik

Mau Beli Besi Hollow, Perhtikan Hal Berikut Ini

Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Jantung